KAPITA SELEKTA (5) Komunikasi dan Interaksi Sosial, interaksi adalah pola hubungan timbal balik dalam masyarakat.

Manusia dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang sepanjang hidupnya bersosialisasi dengan orang lain dalam proses interaksi. Interaksi sosial menghasilkan banyak bentuk sosialisasi. Bisa berupa interaksi antar individu, interaksi individu dengan kelompok, dan interaksi antara kelompok. Sedangkan syarat terjadinya interaksi sosial adalah terjadi kontak sosial dan terjadi komunikasi.Pengertian proses sosial adalah cara berhubungan atau interaksi antara orang per orang atau orang dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok manusia yang saling bertemu dan terjadinya system hubungan tertentu.
Menurut Soerjono Soekanto: Interaksi sosial adalah proses sosial mengenai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan hubungan sosial.
Peran proses sosial sangat penting dalam suatu kehidupan sosial, sebab tanpa adanya proses interaksi sosial manusia tidak dapat mengenal satu sama lain, oleh karena itu proses interaksi social merupakan suatu timbal balik atau respon yang penting sekali diberikan seseorang jika ingin berkomunikasi atau untuk melakukan interaksi sosial, timbal balik sangat penting dalam melakukan komunikasi ,timbal balik adalah adalah cara satu untuk bisa terjadinya interaksi sosial.
Dengan adanya dan luasnya interaksi sosial di masyarakat kini sudah terciptanya perkawinan silang .pernikahan silang .”Pernikahan silang” disini ialah pernikahan antara laki-laki dengan perempuan yang berbeda atau keyakinan atau berbeda suku dan ras
Ciriciri proses sosial sebagai akibat adanya interaksi sosial adalah:
1. jumlah pelakunya lebih dari satu orang
Jika ingin berinteraksi dan melakukan interaksi sosial harus adanya jumlah orang lebih dari satu agar terjadinya timbal balik saat sedang komunikasi, karena dengan jumlah orang lebih satu dapat menciptakan interaksi social.
2 .terjadinya pada waktu tertentu
Jika ingin berinteraksi dengan seseorang harus dengan cara melihat waktu, apakah orang yang kita ingin ajak interaksi siap untuk diajak berinteraksi,jika ia tidak merespon tidak akan terjai komunikasi.
3. adanya tujuan yang akan dicapai dari hasil interaksi sosial
Setiap interaksi memiliki tujuan tertentu entah ia ingin sekedar menjadi teman, pacar atau hanya sebatas rekan kerja, itu tergantung minat yang mau dilakukan oleh seseorang yang mau ber interaksi, setiap manusia yang melakukan interaksi pasti memiliki tujuan tertantu.

Ada 3 Jenis interaksi sosial, yakni :

1.Individu dengan individu adalah interaksi antara individu satu dengan lainnya. Contoh : Ayah bercakap-cakap dengan anak di teras rumah.atau seseorang curhat engan sahabatnya.
2. Individu dengan kelompok adalah interaksi antara individu dengan kelompok. Contoh : Dosen mengajar mahasiswa di universitas.atau seorang guru mengajar di kelas
3. Kelompok dengan kelompok adalah interaksi kelompok satu dengan lainnya. Contoh : pertandingan sepak bola atau sebuah organisasi
Ada 5 faktor pendorong interaksi sosial, yaitu :

1. Imitasi adalah tindakan meniru orang lain. Misal : gaya bicara, tingkah laku, adat kebiasaan.
2. Sugesti adalah seseorang memberi pandangan atau sikap lalu diterima orang lain tanpa pikir panjang. Misal : Reklame atau iklan di media massa.
3. Identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain (meniru secara keseluruhan). Contoh : seseorang mengidolakan ayahnya maka ia akan berperilaku, bersikap seperti ayahnya.
4. Simpati adalah proses dimana seseorang merasa tertarik kepada pihak lain. Misal : tetangga tertimpa musibah maka kita merasakan kesedihan dan berusaha membantunya.
5. Empati adalah simpati yang mendalam yang dapat mempengaruhi psikis maupun fisik seseorang. Misal : Orang yang menjenguk orang sakit, ia jatuh sakit merasan orang yang dijenguk.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Bagaimana “Pembauran” bisa terjadi ? Apa keuntungan dan kerugian adanya pernikahan silang antar suku atau antar bangsa? Sekarang kita ada di kota besar seperti kota Jakarta, dimana segala suku bangsa ada di dalamnya, membaur dalam satu komunitas yang memiliki arah dan tujuan yang sama. Misalnya situasi kelas perkuliahan kita saat ini, dimana terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda, namun bisa belajar bersama tanpa menonjolkan etnic masing-masing. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.

Bobot 30

Komentar anda minimal 500 kata

Lihat pos aslinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s